Friday, September 28, 2012

Cara Sehat Atasi PMS


PMS (Pre Menstrual Syndrome) adalah gejala gangguan psikologis atau emosi pada seorang wanita menjelang haid. Seringkali seorang wanita menjadi lebih emosional dan tersinggung. Tak jarang, PMS juga menyebabkan produktivitas menjadi menurun serta hubungan sosial menjadi terganggu. Oleh karenanya, ada baiknya kita sebagai seorang wanita mengantisipasi hal tersebut. Kualitas diri membuat hubungan sosial lebih baik serta meningkatkan atau memperlancar pekerjaan. Beberapa hal yang bisa kita lakukan adalah dengan diet dan aktivitas fisik yang tepat.
1.      Konsumsi Nanas
Nanas merupakan sumber terbaik manganese. Sebuah studi membuktikan bahwa perempuan dengan intake manganese rendah berkemungkinan besar mengalami mood wings, nyeri payudara, dank ram premenstruasi.
Kandungan air yang tinggi pada nanas (juga buah dan sayuran kaya air yang lain) dapat membantu mengatasi sembap terkait siklus bulanan karena kandungan air yang tinggi membantu mengeluarkan kelebihan cairan.Nanas yang manis menjadi pilihan makanan sehat jika ingin makan gula, yang seringkali meningkat pada saat akan mens.
Konsumsi 1 cup nanas segar per hari selama 7 sampai 10 hari sebelum mens.
2.      Minum secangkir teh setiap hari
Selain meningkatkan kualitas tidur, teh juga dapat memberikan sensasi menenangkan dan merilekskan otot serta meredakan kram dalam sekejap.
3.      Minum lebih banyak produk susu
Diet kaya kalsium dan vitamin D membantu mencegah simptom PMS sampai lebih dari 40%. Banyak produk susu seperti susu dan yogurt, yang sudah kaya dengan kalsium, juga difortifikasi dengan vitamin D. Menurut para periset, perempuan yang makan 4 saji atau lebih sehari berkemungkinan lebih kecil merasa resah, mudah marah atau tegang berkat kemampuan nutrien ini dalam membantu mengatur kadar estrogen.
4.      Makan Nut (kacang-kacangan)
Ketika diserang PMS, hormon berfluktuasi. Nut kaya akan Kandungan phytochemicals dan omega-3 yang mengatur hormon dan mood.
5.      Gerak aktif
Ketika mendapat serangan PMS, jangan lantas hanya berdiam diri. Lakukan olahraga ringan karena dapat meningkatkan kadar endorphin alamiah, memperbaiki sirkulasi dan mengeliminasi toksin lewat kulit ketika berkeringat.
- Gerakan Yoga:Berlutut di lantai dan duduk sampai pantat menyentuh tumit dengan bagian atas kaki rata di lantai. Bungkuk ke depan di pinggang, regangkan lengan ke depan sampai dahi menempel di lantai atau serendah mungkin yang bisa Anda lakukan. Jangan dipaksa. Bernapas dalam dan rileks selama 3 sampai 5 menit.
- Jalan Cepat: aerobik membantu melancarkan aliran darah dan mengurangi inflamasi, meringankan nyeri, dan sakit PMS. Hormon rasa senang, serotonin, yang dibuat tubuh selama berolahraga juga membangkitkan semangat. Yang Anda perlukan hanya jalan cepat 30 menit. Usahakan jalan 4 hari seminggu.


Sumber: 
AURA No.16/TH.XVI. Agustus 2012
AURA No.17/TH.XVI. September 2012