Monday, November 12, 2012

Percaya Diri dengan Nafas Segar



    Salah satu syarat tampil oke dan mempesona adalah kesegaran nafas. Bayangkan betapa tidak nyamannya lawan bicara kita jika nafas kita bau. Apalagi, jika kita sedang dalam acara yang sangat penting seperti wawancara kerja, acara kantor, pesta, dan lain sebagainya yang mengharuskan kita bertemu dengan orang-orang penting. Kesan pertama akan menentukan nasib kita selanjutnya, begitu singkatnya :)
        Pada prinsipnya, memelihara nafas segar adalah dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut, menjaga kelembaban mulut, dan menghindari faktor penyebab bau mulut. Ada beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk menjaga nafas sesegar mungkin.
1. Jaga Mulut Agar Tetap Bersih
Sikat gigi minimal 2 kali sehari. Makanan dan bakteri yang terperangkap di antara gigi dan gusi hanya dapat dihilangkan dengan benang. Jika berada lama-lama dapat menyebabkan nafas bau.
2. Bersihkan Lidah
Lidah merupakan tempat pertama berkembang biaknya kuman penyebab bau mulut. Oleh karena itu, lidah perlu dibersihkan secara rutin dengan sikat gigi atau sikat lidah. 
3. Minum Air Minimal 8 Gelas per Hari
Untuk menjaga kelembaban rongga mulut, dibutuhkan produksi air liur yang cukup. Hal ini diperoleh dari asupan air yang cukup pula.
4. Makan Sayuran
Makanan yang dapat membantu melawan plak dapat juga membantu melawan bau mulut.
5. Berkumur dengan Cairan Antiseptic (MouthWash- jika perlu)
Pilih mouthwash yang BEBAS ALKOHOL,  alkohol bisa menyebabkan kekeringan di mulut dan menghilangkan 'mucus' suatu zat yang menjaga mulut tetap basah dan lembab. Mulut yang kering menimbulkan bau nafas tak sedap dan sensasi 'menggigit' saat berkumur.  mouthwash yang mengandung alkohol juga sering disebut-sebut sebagai penyebab meningkatnya risiko kanker mulut. Sebaiknya jangan langsung berkumur dengan mouthwash setelah menyikat gigi, tapi tunggu 30 menit dulu. Beberapa bahan dalam pasta gigi seperti foaming agent dan sodium lauryl sulphate bisa bereaksi dengan fluoride di dalam mouthwash, menonaktifkan sehingga kehilangan efeknya. 
Saran pribadi saya, sebaiknya kalau memang tidak ada masalah dengan bau mulut, lebih baik menghindari penggunaan mouthwash. Saya pernah berkunjung ke dokter gigi untuk membersihkan karang gigi, dan pada saat saya tanyakan terkait mouthwash, beliau tidak begitu menyarankan (karena efeknya tidak terlalu signifikan untuk melawan plak dan bau mulut). Beliau berpesan bahwa yang terpenting, jangan lupa sikat gigi minimal 2 kali sehari dan sebelum tidur.

Semoga bermanfaat :)

Sumber:
Majalah Wanita Aura no.22 th. XVI November 2012
Wolipop.com